Wednesday, May 6, 2009

Marketing Alternative,Solusi kebuntuan Bisnis



Sebagai pengguna jalan kita sering berfikir praktis agar terhindar dari kemacetan.
Marketing alternative, seperti sebuah jalan lain adalah pilihan atas kebuntuan penjualan.

Kafi Kurnia mengatakan jalan alternatif yang dibuat harus lebih dari satu. Sebab, kompetitor juga akan mencari jalan alternatif. ''Jalan alternatif yang penting adalah dalam hal memasarkan produk dan meningkatkan kualitas produk''

Seminar ciamik ini dihadirkan oleh Forda UKM Jatim,JTV dan Yamaha pada 5 Mei 2009 di Balai Prajurit Kodam V Brawijaya.

Setiap orang tidak perlu melihat handicap yang dimilikinya.Sebaliknya berfikirlah apa yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita miliki.

Danny Trejo, bintang film tersohor Hollywood telah memutuskan cara berfikir terbalik
ini.Dibesarkan didaerah“hitam”,memberi inspirasi kepadanya mengambil profesi kelam sebagai penjual Narkoba.Sedari kecil hingga dewasa penjara adalah rumah kedua baginya.Hingga suatu hari dia berjumpa dengan seorang sutradara Hollywood.

Sang sutradara memberikan pilihan bahwa Holywood pun memerlukan figur-figur antagonis dalam film film hero.Film memang memerlukan wajah cantik juga tampan sebagai magnet agar sebuah tayangan berdaya tarik.Tetapi film juga memerlukan wajah sangar nan seram sebagai figure jahat yang akan menggenapi cerita.

Selepas dari penjara Trejo mencoba peruntungan ke Holywood.Latarbelakang residivis dan segebok catatan criminal tak dihiraukannya.Setelah casting peran, dia dipercaya membawakan karakter penjahat sesuai dengan pengalaman hidupnya.

Amazing!titik balik perjalanan hidup pun dimulai, kalau sebelumnya dia berperan sebagai penjahat sesungguhnya di dunia nyata.Semenjak itu dia berperan sebagai spesialis penjahat didunia acting.Peubahan tentu didapatnya.Dollar dan kenyamanan hidup serta nama besar mengikutinya.

Di tataran bisnis, bagi pengusaha kecil marketing alternative berarti kreativitas.Marketing berarti menjual dengan memberi muatan kreatif product .Rawon Setan,Bakso Tuyul,Soto Edan nampak sebagai biang penasaran.Meski contents sama dengan competitor tetapi ‘tempelan” ini akan menaikkan nilai instrinsic jualan kita.
Pencitraan product membuat customer rela merogoh kocek tanpa segan.

Di Negeri Kita harga seliteran air kemasan hanya ribuan.Di negeri manca Air Kemasan Merk Hawaii dibanderol USD 40 per 750 ml.Pencitraan sebagai air murni berasal ribuankaki dibawah laut Hawaii .Soal rasa bisa sama, soal harga bergantung komunikasi rupanya.

Lihatlah,Kodak tak menjual Film atau Kamera pocket melainkan kenangan.Coke tidak menjual minuman berkarbonasi melainkan Semangat dan keceriaan.Levi’s tidak menjual celana atau baju jeans melainkan idea besar kaum muda.Never sell a product but revolutionary idea.

Om Bob Sadino, pernah bercerita ke Kafi Kurnia tentang keanehan perilaku pasar kita. Saat itu di Kemchicks, Supermarket Kemang- Kangkung jarang laku.Kangkung segar asal Cibeureum, meski kualitas terbaik tak pernah habis meski hanya sebakul.

Suatu kesempatan Om Bob pergi ke Taiwan,didapatinya cara menjual kangkung unik.Kangkung dijual dipasar hingga ke akarnya.Tentu pengetahuan ini sangat menggelitik dan ingin dicobakan di tanah air.Supplier diundang, standar kangkung baru ditetapkan.Image ditanamkan dengan label Kangkung Taiwan.Penjualan melesat meski harga telah dinaikkan berlipat.

Lucunya banyak konsumen memuji barang baru om Bob,meski secara fisik hanya bertambah akar.Tetapi sungguh image kembali berkiprah,label yang ditempelkan menggubah hasil akhir.Kalau yang pertama dibanderol Rp1.500 per ikat tak ada yang tertarik.Hanya dengan merubah image sebagai produk import harga Rp 15.000 per ikat bukan kendala.Bagaimana menurut anda?

mau meja laptop Safe,comfort,stylish,ergonomic klik,www.laptopfest.blogspot.com

No comments: