Sunday, December 25, 2011

RESOLUSI AKHIR TAHUN - Tenggat Waktu, membuat CETAK BIRU hidupmu lebih bermutu!


“TUHAN berikan pergantian Tahun sejatinya sebagai  Pembatas, agar KITA selalu mawas dalam mengevaluasi aksi, instrospeksi ditiap kejadian”.

Waktu terus mengalir, bergulir, hingga sampailah dipenghujung akhir.  Pergantian tahun akan kembali hadir menebar harapan dan berjuta resolusi mutakhir.  Buku tahun 2011 akan ditutup dan digantikan dengan pesona buku putih mulus 2012. Kita acap berhitung hanya  dipenghujung, idealnya saban hari hitunglah
yang  telah digunakan dan apa pencapaian telah ditabung.

Masa telah tiba, suka tak suka coretan kehidupan di lembaran tahun lalu akan ditinggalkan. Waktu pergi  tak kembali, tapi sudahkah Kita  memberinya arti? Karya nyata akan dikenang, laku sia sia akan dilupakan sejarah. Batas Pribadi biasa dan Pribadi mulia dibedakan dari bagaimana manfaatkan waktu lebih  produktif bermutu.

Jika masih ada tersisa keinginan yang belum teraih ditahun ini, cobalah melakukan kajian dan renungan. Sehingga diawal tahun Kita akan berjaya  menuju perbaikan. Muara perubahan ada pada pikiran bukan ucapan maupun tindakan, vibrasi berpikir positip akan  hasilkan perubahan sistemik nasib. 

Raksasa tidur dalam diri Kita hanya akan berarti saat disematkan dengan ruh kegairahan berpikir positip. Pemenang selalu memilih pikiran positip mendominasi otaknya. Pecundang hanya mengisi pikiran negatif dalam benaknya. Pikiran adalah pusat Informasi dan energi terbesar Kita. Selalu arahkan ke Hal Positip dan temukan hasil keajaiban produktip.

Bukankah , sebelum semua terjadi selalu ada gambar dan rancangan. Cetak Biru dibuat diawal sebelum sebuah gedung atau jembatan dibangun, bukan sesudahnya. Berbahaya,  jika kita melangkah tak memiliki arah dan kemana tujuan akhir  pemberhentian.

Mimpi tak perlu membeli, sematkan diketinggian tak perlu takut kegagalan. Karena harapan adalah energi bagi pendakian  menuju kesuksesan. Pikiran dengan emosi  kuat  ibarat MAGNET  yang  menarik semua, apa saja yang diinginkan. Mimpi besar , Jika Kita mampu memimpikanya maka kita mampu mengundangnya terjadi.

Jika impian tahun lalu  belum teraih coba lakukan perubahan nyata dalam diri. Mimpi  ibarat pohon perlu ditanam dijaga dan dirawat hingga berbunga indah. Jangan matikan mimpi Kita  hanya karena malasmu. Jangan pernah matikan  inginmu hanya karena sukses yang tertunda. 

Ada berjuta keinginan, pilih hanya yang terbaik menjadi mimpi yang harus diraih. Bersama keyakinan penuh semua hanya soal waktu. Berawal dari mimpi semua terjadi.  Tak berpunya mimpi bagaimana harapan  akan menghampiri?

Bukankah banyak mimpi yang belum terealisasi acap karena Kita belum mampu pantaskan diri untuk dapatkanya. Asah kepantasanmu dengan selalu belajar hingga benar. Hantar mimpimu bersama kerja keras, berdoa cerdas dan kerendahan hati tiada bertepi untuk selalu mau mencoba lagi. Perubahan hidup memerlukan kerja keras,  dan merubah mindset  positif.  

Sebelum kita menginjak ke tahun yang baru, sudahkah Kita sejenak merenung apa yang telah dilakukan. Sudahkah berpunya  rencana untuk mengayuh bahtera dimana segenap asa akan kita kerahkan untuk menggapainya.  Jika setahun lalu masih banyak mimpi hanya berlalu. Optimislah tahun depan masih berlimpah harapan. 

EVALUASI penting agar apa yang telah kita lakukan dapat dipertimbangkan kesesuaian antara Harapan Vs Pencapaian.  Sebagai pribadi bijak jangan ulangi kesalahan dan kekurangan tahun lalu di tahun mendatang.
Jadi, siapkah anda membuat resolusi untuk tahun ini? Sebuah deklarasi total tertulis untuk mewujudkan keberhasilan hidup. Ambil buku catatan anda pikirkan ide cemerlang, tuangkan segalanya. Lalu tinggal kita berusaha mewujudkanya.

Setelah menemukan Impian terbaik tulis dengan  memberi  apa yang menjadi Concern/Perhatian. Deskripsikan TARGET yang ingin dilakukan dan proyek pribadi apa yang ingin diselesaikan. Istilah yang  biasa disebut dengan resolusi akhir tahun. 

Tulisan sangat berguna agar mudah sewaktu-waktu membuka kembali disaat lupa atau mulai kehilangan arah. Membuat dan membuka buku catatan resolusi  lebih mudah untuk menemukannya, segera bergerak kembali untuk mewujudkanya.

Yang terpenting dari resolusi adalah tenggat waktu. Waktu adalah asset yang diberikan sama jumlahnya tapi ada tepi batasnya. Rencanakan setiap detikmu dengan memberinya  tenggat waktu  agar Kita mampu membuat cetak biru hidup lebih bermutu. Maka resolusi yang berpunya deadline akan mempertajam energy untuk menyesuaikan pencapaian. Banyak pribadi menulis resolusi tapi tak pernah mengevaluasi nilai waktu ditiap tindakan dan pencapaiannya.

Bayangkan jika Anda mempunyai peluang menawarkan sebuah produk terbaik tapi  dalam waktu yang sangat terbatas.  Bertemu Investor hanya dalam waktu lima menit diatas lift, dan hanya itu kesempatan Anda. Kesempatan tak berkunjung dua kali, maka Anda akan berfikir sangat keras untuk dapat mengakhiri presentasi singkat menuju “happy closing” bukan?  Investor menerima rancangan bisnis Anda  dan bersedia menjadi penyandang dananya.

Inilah kelemahan terbesar eksekusi resolusi, mengelola waktu terbatas, tetapi  kita bermain gunakan  waktu seolah ia sumber daya tak terhingga. Menunda kerja adalah pembenaran bahwa waktu tak ada batasnya. Menunda usaha , maka bersiaplah menunda sukses mendekat nikmat..

Ingat apa yang kita  pergunakan atas  waktu yang telah diberikan akan dipertanggungjawabkan dikehidupan berikutnya. Penyesalan selalu diujung bukan diawal. Bagaimana menurut Anda?(LSe)

No comments: